Berhati-hatilah dengan Rokok mengandung menthol

April 20, 2012


Rokok merupakan salah satu benda pengeluar asap yang cukup berbahaya bagi organ dalam manusia, meski masih banyak penggandrung rokok. Selain WHO yang menyatakan bahwa tembakau telah membunuh enam juta manusia pertahun, sebuah penelitian terbaru di Amerika menyatakan bahwa sekarang ini rokok bermenthol lebih berbahaya jika dibanding rokok biasa atau non-menthol, tepatnya dilakukan oleh seorang peneliti juga merangkap sebagai dokter klinis di Rumah Sakit Saint Michael di Toronto asal Kanada, Nicholas Vozoris.
“Perokok tembakau mentol sekarang ini berisiko dua kali lebih besar terkena stroke. Kaitan ini tampak jelas terutama pada kaum perempuan dan warga yang bukan keturunan Afrika,” tutur sang peneliti.
Vozoris menggunakan lima orang perokok sebagai sample dalam penelitiannya, dan dari situ Ia mengetahui bahwa perokok menthol akan mendapatkan sedikit lebih banyak penyakit dalam tubuh mereka, seperti tekanan darah tinggi, serangan jantung dan COPD atau penyakit paru-paru.
Ia menambahkan bahwa para peneliti lain juga menemukan bahwa menthol dapat memperpanjang waktu penghisapan rokok, meski mereka tak menjelaskan secara detil hubungan antara rokok ber-menthol dengan penyakit stroke. Pemaparan yang lebih jelas diutarakan oleh peneliti asal Turki yang menjelaskan bahwa rokok ber-menthol ataupun tidak tetap saja menghambat penyaluran darah ke Jantung.
“Tetapi dalam arteri carotid, yaitu pembuluh darah yang menyediakan darah ke otak, rokok mentol secara negatif berdampak pada pembuluh darah dibanding rokok non-mentol,” paparnya lagi.
Archives of Internal Medicine telah menerbitkan dan pastinya mengakui penelitian Vozoris. (Lia)
  

You Might Also Like

1 komentar

  1. tetep janan ngerokok. mariyuana aja. jangan lupa flbek blog eike. hahahaha

    ReplyDelete