Apa Arti CINTA?

May 22, 2017


Beberapa hari lalu, saya terlibat percakapan yang cukup serius dengan salah satu sahabat saya, sebut saja Kingkin (nama sebenarnya). Tiba-tiba dia menanyai saya 'apa makna cinta bagi saya? apakah cinta itu nyata? atau cuman di angan namun ingin kita realisasikan?' tentu saja semua orang tahu cinta itu sesuatu yang abstrak. tidak dapat dilihat apalagi dipegang. Namun bisa dirasakan di hati. 

Suatu ketika, Kingkin tanya apakah menurut saya cinta itu nyata? saya yakin dengan jawaban saya, ya tentu saja. Kalau cinta itu tidak nyata kita tidak mungkin bisa hidup. meskipun kita tidak bisa memakan cinta, tapi cinta memberikan kita kekuatan melebihi nutrisi yang jasmani kita perlukan. tanpa cinta Tuhan, kita tidak mungkin diberikan waktu hingga sekarang, tanpa cinta orangtua kita tidak mungkin bisa berbicara, tahu cara makan, cara membersihkan diri, dan paham rasanya dicintai dan akhirnya kita tahu apa itu mencintai.

Lalu, Kingkin bertanya bagaimana saya mencinta. Saya jawab, saya melakukannya jika hati saya mengijinkan saya mencinta. bagaimana? misalnya, cinta kita pada Tuhan, sesuatu yang seabstrak cinta. kita tetap melaksanakan ibadah walaupun Tuhan tidak memaksa seperti 'KAMU HARUS IBADAH MENYEMBAH SAYA ATAU KAMU SAYA MATIKAN SEKARANG', mau berbicara soal neraka dan surga? ah, klise. surga dan neraka sesuatu yang abstrak dan cenderung absurd sesuatu yang 'katanya' beyond our imagination. Tentu saja kita tidak tahu mereka benar-benar disiapkan Tuhan atau tidak. mau bicara 'ada kok di kitab suci'. bullshit kalau bukan karna rasa cinta pada Tuhan kita tidak mungkin mengimani kandungan kitab suci. intinya sebenarnya kita beribadah lebih karena rasa cinta kita pada Tuhan. itu salah satu tanda cinta yang murni.

sebentar, kamu tahu tidak? maksudku cinta antara laki-laki dan perempuan? sewajarnya adam dan hawa? ah, masa kamu tidak tahu ujung bahasanku? tanya Kingkin, wajahnya memberenggut sebal. hm, baiklah. tahu tidak kamu, perasaan saat melihat matanya dan hati kamu seolah memberikan sinyal positif bahwa ya kamu boleh mencintai dia. perasaan nyaman saat berada disisinya? perasaan selalu ingin disisinya?

ya, aku kira aku pernah mengalaminya. katanya. saya bilang, kamu mungkin akan merasakannya berkali-kali dengan banyak orang, kin. tahu kan, laki-laki ada banyak sekali di dunia ini, spesies kita juga banyak. Tapi ketika cinta muncul di suatu waktu yang tidak kita rencanakan, kita akan merasakan candu.

candu pada manusia, aneh bukan?

candu ingin melihat wajahnya, mendengar suaranya, senyumnya dan beberapa hal yang hanya kamu dan dia jalani. bahkan berbagi privasi, padahal privasi itu sesuatu yang amat pribadi, namun dengan orang yang kamu cintai privasi itu menjadi sesuatu yang bisa dibagi.

seru ya?

iya, aku setuju dengan semuanya. aku mengalami semua. Tapi kala aku mencintai seseorang, aku juga merasakan sakit. Sering kali hatiku rasanya seperti berdenyut nyeri. bagaimana denganmu?

cinta yang saya dan kamu maksud itu satu kata yang sama, tentunya kita mengalami hal yang sama. hanya cinta yang dapat menyatukan dua rasa yang seharusnya menjadi oposisi. rasa senang dan sakit. hanya kita alami saat kita jatuh cinta.

Jadi, bagaimana kamu mencintai pasanganmu?

ya, salah satunya, saya selalu mengganggunya. hahaha.. entahlah, mungkin sayamenjadi seperti anak kecil manja terhadapnya. Kesimpulan ini saya ambil karena beberapa kali dia bilang begitu.

dia? tanya Kingkin mengerling nakal.

Ya, dia. orang yang kita cintai.

Tapi mantanku banyak. hahaha.. aku mencubit Kingkin yang mengatakannya sembari tertawa.

dasar, 'dia' bisa untuk semuanya, kin. sesukamu deh.

oke, oke, lanjut.

jadi, sesuatu yang tidak saya lakukan ke orang lain, saya lakukan padanya. kamu sendiri paham, saya bukan orang yang ekstrovert. namun dengan dia, saya bisa berbagi sesuatu yang tak dapat saya bagi dengan orang lain.

termasuk minta kado apa?

haha, ya.. salah satunya. Tapi kamu tahu tidak, dari saya pacaran dengan orang pertama saya tidak pernah dapat perayakan hari istimewa itu dari mereka. bahkan ada dari mereka yang lupa tanggal lahir saya. mungkin saya tidak seistimewa itu, sakit bukan?

tapi kan aku inget, Li.

Iya, kamu yang terbaik deh. Namun semua itu pada akhirnya tidak masalah. yang penting dia bersama saya merayakannya dan merapalkan doa baik untuk saya. semua hal negatif yang awalnya saya pikir buruk menjadi sesuatu yang 'tidak apa-apa' dan pada akhirnya bisa kita maafkan.

apa lagi, apa lagi? Kingkin merapatkan pelukannya pada boneka beruangnya.

selalu minta perhatiannya mungkin? yah, ini klasik sekali sih. tapi memang, aku selalu menuntut perhatiannya padaku. takut suatu saat ia tak lagi perhatian padaku. pesan darinya selalu saya nantikan dan tak pernah menggangguku sama sekali bahkan saat saya marah. saat saya marah, mungkin saya seperti mengacuhkannya namun saya akan semakin menangis jika dia tidak mengirim saya ribuan pesan dan missed call atau tidak muncul di depan rumah saya.

bener banget, aku juga gitu. ngambek tapi minta dikejar? typical women thing.

haha, sesedih-sedihnya kita lebih sedih jika diacuhkan bukan?

iya, aku juga begitu.

saat tiba-tiba dia merapatkan diri ke saya, seketika saya merasa dada saya berdenyut sesaat kemudian adrenalin berdenyut kencang seperti saat berlari. lalu pipi terasa hangat. saya juga termasuk orang yang lumayan kepo. selalu ingin tahu dia sedang apa, kesukaan dia dan yang dia benci. semuanya. sedihnya kalau dia tidak suka saya kepo sih, tapi harusnya dia tahu ya..

Intinya seseorang itu yang selalu ada di pikiran kita meskipun kita sedang bekerja, belajar, bersama teman dan keluarga. dan kita selalu ingin membuktikan betapa sayangnya kita kepada dia.


sayangnya tidak semua eskpresi cinta saya diterima dia. Tapi tidak apa-apa, semuanya masih bisa termaafkan. Jadi, kalau kamu bagaimana, Kin? cerita dong? kamu lagi naksir seseorang ya? atau kamu merasa seseorang mendekat padamu? hihi..

wajah Kingkin bersemu jambu. Gadis itu menceritakan seseorang sedang mendekat padanya....





You Might Also Like

2 komentar

  1. terharu aku bacanya, terima kasih telah mengabadikan percakapan-percakapan yang mungkin luput dari perhatian orang-orang di sekitar, loves!

    ReplyDelete