Asal Mula nama Kec. di Kab. Rembang

May 24, 2012



 well, saat nya cerita ttg Kota sendirri, Rembang. :D
A.      Sarang
Asal mula nama kecamatan Sarang, berawal karena daerah tersebut menjadi tempat sementara yang didiami oleh pejuang-pejuang Indonesia saat melawan Belanda untuk menyusun beberapa strategi perang, karena mereka menyebut daerah tersebut ‘Sarang’ persembunyian para pejuang Indonesia, maka hingga kini daerah tersebut diberi nama Sarang.
B.      Bajing Jowo dan Bajing Meduro
Semenjak daerah Sarang diresmikan sebagai nama sebuah desa, banyak berekspansi ke daerah tersebut. Komunitas terbesar yang mendiami daerah tersebut berasal dari suku Jawa dan Madura. Atas kesepakatan warga setempat akhirnya diputuskan suku Jawa mendiami desa Sarang bagian Selatan dan hidup sebagai masyarakat Petani sedangkan Suku Madura mendiami desa Sarang bagian utara dan hidup sebagai masyarakat nelayan. Sehingga dinamakanlah Bajing Jowo dan Bajing Meduro , menurut narasumber ‘Bajing’ berarti daerah. Adapula kisah lain yang menceritakan betapa akurnya dua kelompok masyarakat beda pulau ini, salah satunya kisah
C.      Karang Anyar
Didaerah Bajing Jowo, ada sebuah Dusun bernama “Karang Anyar”, menurut sumber “karang” artinya “Tempat” dan “Anyar” dalam bahasa Jawa berarti “Baru” kini dusun Karang Anyar tak lagi masuk dalam arsip pemerintahan karena tak lagi memiliki seorang dukuh (kepala dusun) hanya dipimpin oleh ketua Rt dan Rw, bahkan tak banyak masyarakat yang tahu bahwa daerah tersebut adalah sebuah dusun. Dahulu Karang Anyar adalah daerah yang tak dihuni oleh manusia, hingga akhirnya setelah tak sedikit orang mengetahui daerah ‘Sarang’, orang-orang akhirnya menetap di lahan kosong ini yang hingga kini mereka sebut ‘Karang Anyar’.
D.     Pulo Rejo
Cerita mengenai Pulo Rejo ini sama dengan ‘Karang Anyar’ diatas, sebenarnya ‘Pulo Rejo’ lebih dahulu ada dari ‘Karang Anyar’, namun kemajuan daerahnya lebih cepat ‘Karang Anyar’. Namun setelah melewati beberapa waktu banyak orang yang hijrah ke daerah ‘pulo’ ini dan karena daerah yang tak lagi sepi ini masyarakat menjuluki ‘Pulo’ menjadi ‘Pulo Rejo’, kata Rejo dalam bahasa Jawa berarti Rame.
E.      Patol (Kesenian)
Patol merupakan salah satu kesenian asli kecamatan Sarang, memang kesenian ini dicatat sejarah masuk dalam kesenian Sarang-Rembang. Kesenian ini mulai ada pada jaman Belanda, kesenian ini merupakan salah satu bukti sejarah bagaimana Belanda mencoba memecah belah persaudaraan bangsa Indonesia. Seni patol ini dimainkan di pesisir pantai karena pasir sangat dibutuhkan dalam permainan ini. Pada jaman Belanda dulu masyarakat Sarang bertaruh kekuatan untuk mendapatkan Gadis impian mereka, siapapun yang lebih kuat maka dialah yang mendapatkan si gadis, sistem permainan ini hampir sama dengan ‘Sumo’ Jepang. Setelah Indonesia merdeka kesenian ‘Patol’ diresmikan sebagai salah satu kesenian Indonesia dan hanya digunakan sebagai salah satu seni permainan bela diri tak lagi sebagai salah satu permainan Judi dalam hal mendapatkan seorang gadis.

Narasumber : Maimun, 22-03-2012/ pkl. 12.00-13.00 WIB.

You Might Also Like

1 komentar

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    ReplyDelete