Mengapa api yang dihasilkan kompor Gas berwarna biru sedangkan yang dihasilkan oleh Lilin berwarna kuning?

July 19, 2011


Warna kuning dengan ujung merah yang dihasilkan oleh lilin dikarenakan kurang kecepatan oksigen di sekitar lilin untuk mengkolaborasikan dirinya dengan api yang dihasilkan oleh lilin. Memang sih ada banyak oksigen di sekitar nyala lilin, namun oksigen-oksigen di sekitar lilin itu kurang gesit karena konsentrasinya terpecah untuk paraffin, disini paraffin berusaha mempertahankan diri agar tak meleleh untuk melindungi sumbu agar tak cepat habis dimakan si api, oksigen disekitar lilin rupanya juga membantu si paraffin ternyata. Itulah kenapa api yang dihasilkan oleh lilin berwarna orange dengan ujung merah. Hal serupa juga terjadi pada api unggun, obor dan sebagainya.
Sedangkan kompor gas menghasilkan api berwarna biru karena oksigen cepat menggabungkan diri membantu nyala api, sehingga si oksigen lebih terkonsentrasi, faktor lain adalah ada beberapa gas disekitar nyala api yang mempunyai persamaan senyawa. Senyawa yang sama tersebut otomatis juga menghasilkan warna yang sama yaitu biru, beberapa kelompok senyawa gas memang dapat menghasilkan warna yang berbeda-beda. Ingatkah kalian tentang kentut? Di beberapa film kartun menggambarkan bahwa gas dari kentut berwarna biru, visualisasi tersebut memang benar adanya karena gas metana yaitu gas yang terkandung dalam kentut pada hakekatnya berwarna biru.  Itulah alasan kenapa warna api yang dihasilkan oleh kompor gas berwarna biru. Oya, kalian ingat tidak sama Blue Gas? Itu loh, gas yang dari kotoran hewan? Pasti tau dong, yang dibutuhkan dalam blue gas itu sebenarnya gas metana-nya bukan kotoran hewan. J
Kemudian bagaimana dengan kembang api? Mengapai bias mempunya warna yang bermacam-macam? Nah, itulah hebatnya manusia. Manusia di beri anugerah oleh Allah agar bias memahami alam. Anugerah ini lah yang dimanfaatkan manusia untuk menciptakan sesuatu yang unik. Contohnya kembang api ini. Kembang api dihasilkan dari kolaborasi beberapa gas disekitar bara api yang mempunyai warna senyawa yang berbeda-beda, dan terciptalah kembang api buah kreasi otak manusia, karunia Allah.SWT. (Lia)

You Might Also Like

0 komentar